Kamis, 09 Oktober 2008

Widya Karya Mandala

Widya Karya Mandala artinya Lingkaran Studi Belajar dan Berkarya. Lingkaran ini tercipta karena besarnya Cinta KasihNya akan umat Konfusiani yang serius dan mau belajar memahami Jalan SuciNya. Mampu melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh gairah dan semangat belajar. 

Situs ini dibuat untuk mengenang Almarhum Guru Ws.  H. Ongkowijaya, yang telah meninggalkan semua umat Ru Jiao / Konfusiani terlalu dini namun mewariskan kunci-kunci penting keimanan Konfusiani dan semangat beragama yang dilandasi keterbukaan wawasan, penghayatan dan laku nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Beliau sangat berjasa bagi banyak orang yang jiwanya dahaga akan kesejatian hidup dalam Iman Konfusiani. Wejangannya serasa masih bergema dalam hati sanubari. Tiap kali ingat wejangannya, perasaan menjadi tak menentu, sedih karena rindu akan obrolan 'kesejatian hidup' dicampur dengan rasa tenang dan damai karena paling tidak pernah berhadapan dengan sosok yang kharismatis dan mengagumkan.

Pesannya sebelum meninggal, pada waktu safari rohani di Makin Solo Surakarta adalah "Carilah kebahagiaan sejati dalam hidupmu, wahai anakku ketahuilah mengapa kebanyakan orang tidak bahagia, ini dikarenakan mereka tidak mengetahui kesukaan-kesukaannya dalam menjalani kehidupan ini. Jika seseorang menyadari hal ini maka apa-apa yang dirasakan tidak bahagia itu akan lenyap sirna dalam hatinya".

Seperti halnya Nabi Kong Zi yang dalam hidupnya sudah benar-benar paham akan 'kebahagiaan sejati', sehingga ketika diancam bahaya sekalipun, Dia kokoh dalam batin yang Zhong He ( Tengah Harmonis )......

Apa sih 'kebahagiaan sejati' itu? Inilah tugas kita semua untuk belajar mendalami ajaran kesejatian hidup Nabi, tidak lain adalah untuk menemukan kebahagiaan sejati itu, memahami jati diri, menyadari watak sejati dan menunaikan tugas kewajiban dalam keseharian hidup tanpa kenal lelah....inilah rasa ah ha, theg, eureka yang mesti dicapai dalam kesadaran beragama tiap umat Konfusiani.

Selamat menimba air pengetahuan sejati.........

Salam Kebahagiaan Sejati,

Bun Di

Tidak ada komentar: